Minggu, 22 Januari 2017

Organ Pencernaan Manusia kelas 5 SD

Kelas                       : 5 SD
Kompetensi Dasar  : 3.3 Mengenal organ tubuh manusia dan hewan serta mendeskripsikan fungsinya.
Indikator                 : 3.3.1 Mengenal organ tubuh pada sistem pencernaan manusia.

SELAMAT DATANG anak-anak .. Kali ini kita akan belajar tentang organ tubuh manusia..
baca lalu perhatikan videonya baik-baik yaa lalu kalian jawab soalnya yaa... ^___^


A. Struktur Fungsi Organ Pencernaan Manusia

Apakah kalian tau?Sistem pencernaan berfungsi memecah bahan-bahan makanan menjadi sari-sari makanan yang siap diserap dalam tubuh. Proses pencernaan makanan berlangsung di dalam saluran pencernaan makanan. Proses tersebut di mulai dari rongga mulut. Di dalam rongga mulut makanan dipotong-potong oleh gigi seri dan dikunyah oleh gigi geraham, sehingga makana menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. walaupunzat makanan telah dilumatkan atau dihancurkan dalam rongga mulut tetapi belum dapat diserap oleh dinding usus halus. Karena itu, makanan harus diubah menjadi sari makanan yang mudah larut. Dalam proses ini dibutuhkan beberapa enzim pencernaan yang dikeluarkan oleh kelenjar pencernaan.


Waktu pencernaan makanan tersebut diproses menjadi sari makanan yang diserap oleh jonjot usus dan sisa makanan yang dikeluarkan poros usus. Sari makana hanya dapat diserap dan diangkut oleh darah dan getah bening bila larut di dalamnya, kemudian makanan tersebut didistribusikan ke bagian tubuh yang membutuhkannya. Berdasarkan prosesnya, pencernaan makanan dapat dibedakan menjadi dua macam seperti berikut :

1. Pencernaan Mekanik 

Pencernaan mekanik adalah proses penghancuran dan penggilingan makanan secara fisik menjadi potongan-potongan kecil. Proses ini terjadi di dalam rongga mulut dan lambung. Makanan di dalam mulut dihaluskan dengan menggunakan gigi sedangkan di dalam lambung makanan diaduk-aduk dan diperas oleh gerakan otot lambung.

2. Pencernaan Kimiawi

Pencernaan kimiawi pada umumnya didahului dengan pemecahan makanan secara mekanis, misalnya dengan cara dikunyah. Pemecahan makanan menjadi potongan-potongan yang lebih kecil akan meningkatkan luas permukaan makananyang akan terkena enzim pencernaan. Pada proses ini, makanan diubah menjadi dapat diserap oleh tubuh dengan bantuan enzim pencernaan.



1. Mulut 

Mulut adalah pintu masuk makanan. Di dalam mulut terdapat lidah, rongga mulut kelenjar ludah, dan gigi. Jadi fungsi mulut bermacam-macam yaitu menghancurkan makanan, mencerna makanan, mengecap rasa makanan dan membantu menelan makanan. Di dalammulut terjadi pencernaan mekanis (dengan gigi dan lidah) dan pencernaan kimiawi (dengan ludah yang mengandung enzim ptialin yaitu enzim yang mengubah karbohidrat menjadi glukosa). Berikut adalah gambar anatomi mulut beserta bagian-bagiannya :
Gambar 1. Alat-alat pencernaan manusia
Mulut terdiri dari :
1. Langit-langit
2. Gigi
3. Gusi
4. Tulang langit-langit
5. Pembuluh darah dan saraf langit-langit
6. Amandel
7. Lidah
8. Anak lidah

2. Kerongkongan
Kerongkongan adalah penghubung antara mulut dan lambung. Kerongkongan disbut juga esofagus. Kerongkongan adalah penghubung anatara mulut dan lambung. Kerongkonagn disbut juga esofagus.Kerongkongan pangkal saluran pencernaan, berbentuk sebuah tabung berotot yang panjangnya 25 cm. Otot pada kerongkongan berfungsi untuk membawa makanan dari mulut ke lambung dengan menggunakan gerak peristaltik, Berikut adalah gambar anatomi kerongkongan beserta bagian-bagiannya :  


3. Lambung 
Lambung adalah organ pencernana yang berfungsi untuk mencerna berbagai zat-zat makanan. Letak lambung berada di bawah sekat rongga badan. Di dalam lambung terjadi pencernaan kimiawi dengan menggunakan enzim pepsin, enzim renin, enzim lipase dan asam lambung (HCL). Berikut adalah gambar anatomi lambung beserta bagian-bagiannya :
Lambung terdiri dari tiga bagian utama yaitu kardiak, fundus dan pilorus. Di ujung bagian atas lambung yang berbatasan dengan kerongkongan terdapat sfingter yang berfungsi untuk menjaga makanan agar tidak keluar dari lambung dan dimuntahkan kembali, Sedangkan di bagian bawah yang berbatasan dengan usus dua belas jari disebut sfingter pilorus.

Dinding lambung terdiri dari otot yang tersusun melingkar, memanjang, dan menyerong. Otot-otot tersebut menyebabkan lambung berkontraksi. Akibatnya kontraksi otot lambung, makanan teraduk dengan baik sehingga akan bercampur merata dengan getah lambung. Hal ini menyebabkan makanan di dalam lambung berbentuk seperti bubur.

Asam lambung berfungsi membunuh kuman penyakit atau bakteri yang masuk bersama makanan dan juga berfungsi untuk mengaktifkan pepsinogen menjadi pepsin-pepsin yang berfungsi memecah protein menjadi pepton dan proteosa. Enzim renin berfungsi menggumpalkan protein susu (kasein) yang terdapat dalam susu, 

4. Usus halus 
Usus halus adalah tempat penyerapan sari-sari makanan. Disini juga terjadi proses pencernaan kimiawi dengan bantuan enzim tripsin, enzim disakrase, enzim erepsin dan enzimlipase. sari-sari makanan diserap melalui jonjot-jonjot usus yang disebut vili. Seluruh sari makan kecuali asam lemak dan gliserol diangkut melalui vena porta menuju ke hati. Sedangkan asam lemak dan gliserol diangkut melalui pembuluh limfa. Berikut adalah gambar anatomi usus halus beserta bagian-bagiannya:
5. Usus besar
Usus besar berfungsi untuk memilah kembali hasil pencernaan. Disini terjadi penyerapan air dengan jumlah yang terbesar daripada organ lain dna terjadi proses pembusukan sisa-sisa makanan dengan bantuan bakteri. Berikut adalah gambar anatomi usus besar beserta bagian-bagiannya :
Struktur usus besar terdiri dari :
1. Usus buntu
2. Kolon asedens ( Kolon naik)
3. Kolon transversum ( Kolon datar)
4. Kolon desendens ( kolon turun)
5. Rektum. Tempat menyimpan feses sebelum dikeluarkan melalui anus.

6. Anus 
Anus merupakan penghubung antara rektum dengan lingkaran luar tubuh. Di anus terdapat otot sphinkter yang berfungsi untuk membuka dan menutup anus. Fungsi utama anus adalah sebagai alat pembuangan feses melalui proses defekasi ( buang air besar). Berikut adalah gambar anatomi anus beserta bagian-bagiannya.

Untuk lebih jelas yuk tonton video berikut :



https://www.youtube.com/watch?v=nDCxQLBYKrY&t=14s

A. Gangguan pada sistem pencernaan
Adapun gangguan yang ditimbulkan oleh sistem pencernaan adalah sebagai berikut :
1. Diare : Feses encer karena adanya gangguan absorbsi air
2. Sembelit (konstipasi) Feses menjadi lebih padat dan suka keluar sehingga menimbulkan rasa sakit perut.
3. Peritonitis : Rasa sakit pada saluran pencernaan karena terjadi peradangan selaput perut (peritonium).
4. Apendisitis : Terjadinya peradangan appendiks (umbai cacing)
5. Kolik : Timbulnya perasaan nyeri karena salah cerna
6. Ulkus : Lukanya dinding lambung akibat produksi HCL yang berlebih sehingga bila kena gesekan menimbulkan rasa nyeri.
7. Mag : Akibat naiknya asam lambung
8. Karies gigi : Gigi berlubang



                                                       Daftar Pustaka
1. Organ-organ Pencernaan     http://www.artikelbiologi.com/2013/01/organ-organ-pencernaan.html
                                                http://hedisasrawan.blogspot.co.id/2014/06/6-organ-pencernaan-       
                                                manusia-dan-bagian html
                                                http://firmanbiotik.blogspot.co.id/2013/09/makalah-sistem-   
                                                pencernaan.html

Setelah kalian baca dan paham silahkan isi quiz berikut ini!


6 komentar: